Press "Enter" to skip to content

6 Tanda-tanda Anda Berlebihan Minum Kopi

Aktifitas minum kopi sekarang ini jamak ditemui di berbagai sudut kota, baik itu di warung kopi sederhana pinggir jalan tempat warga saling bercengkerama, sampai ke warung kopi kelas internasional tempat sosialita melepas lelah sehabis berbelanja. Ditambah dengan hadirnya cafe-cafe yang menghadirkan budaya minum kopi yang tersebar, aktifitas ngopi sekarang sudah sampai ke beragam kelas masyarakat dan usia. Di balik nikmatnya menyesap secangkir kopi ternyata penikmat kopi harus mewaspadai efek sampingnya, apa saja efek samping minum kopi secara berlebihan?



1. Susah Tidur

Kebanyakan minum kopi ternyata berkaitan dengan susah tidur atau insomnia, walau begitu efek dari minum kopi bisa sangat berbeda satu sama lain.

2. Jadi Gelisah Dan Moody

Studi menunjukkan bahwa minum lebih dari 1.000 miligram kafein dalam sehari menyebabkan perilaku gelisah pada banyak orang; dan bagi mereka yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap kafein, jumlah dalam jumlah sedang sekalipun dapat memiliki efek yang sama. Kopi sebenarnya merupakan penguat suasana hati dalam banyak kasus. Tetapi jika Anda merasa terlalu bersemangat dan gelisah, Anda mungkin mulai merasa jengkel dan tidak menentu. Efek stimulan dari kafein menyebabkan sensitivitas tinggi terhadap hal-hal yang terjadi di sekitar Anda – termasuk kebisingan, stres, dan sensasi tidak menyenangkan lainnya.

3. Dehidrasi

Kopi, apakah berkafein atau tanpa kafein, memiliki efek pencahar. Ini karena pelepasan gastrin yang terjadi di perut Anda saat Anda meminumnya; hormon ini mempercepat aktivitas di usus besar, membuat Anda perlu menggunakan kamar mandi lebih cepat daripada yang seharusnya. Minum terlalu banyak kopi, dan Anda mungkin mengalami diare atau mengalami ketidaknyamanan. Minum kopi juga memicu kita sering kencing, dengan demikian cairan di dalam tubuh kita berkurang. Solusinya adalah minum air putih lebih sering.

4. Sakit Kepala

Jika anda sakit kepala dan sakit kepala tersebut hilang saat meminum kopi bisa jadi itu adalah tanda-tanda anda ketergantungan dan harus mengurangi dosis minum kopi harian

5. Tekanan Darah Naik

Kafein merangsang sistem saraf, yang dapat memengaruhi tekanan darah jika anda berlebihan meminumnya. Studi telah menunjukkan bahwa asupan kafein sebelum berolahraga memiliki efek peningkatan pada tekanan darah selama latihan – dan bagi orang-orang yang tidak terbiasa minum kopi secara teratur, itu dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka pendek. Jika Anda tiba-tiba mengalami lonjakan tekanan darah ketika sebelumnya Anda tidak memiliki masalah dengan hipertensi, terlalu banyak kopi yang bisa disalahkan.

6. Gigi Jadi Kuning

Apakah senyum Anda mulai menghitam? Jika Anda tidak senang dengan efek ini, penurunan konsumsi kopi Anda bisa membantu. Kopi mengandung zat yang disebut tanin yang menempel pada gigi Anda dan dapat meninggalkan rona kuning.

Sumber/source:

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *