Press "Enter" to skip to content

5 Tips Mengatasi Mabuk Darat

Sobat Anekainfounik pasti pernah mengalami kondisi mual di dalam kendaraan, kondisi mabuk darat ini memang tidak bisa dihilangkan namun bisa sedikit dikurangi. Kali ini Anekainfounik akan berbagi tips ringan untuk meringankan mabuk darat.

1. Minum Jahe



Mungkin membantu membawa permen jahe, bir jahe, atau jahe kering dalam bentuk kapsul pada perjalanan Anda berikutnya. Para ahli di Penn State melaporkan bahwa jahe adalah pengobatan alami yang efektif untuk mabuk perjalanan, mabuk mobil, dan mabuk laut, meskipun temuan penelitiannya beragam.

2. Pakai Gelang Anti Mabuk



Direktur medis dari Andrew Weil Center for Integrative Medicine di University of Arizona, Randy Horwitz, MD, PhD, merekomendasikan gelang mabuk gerakan — juga dikenal sebagai gelang akupresur — untuk orang yang menderita mabuk perjalanan. “Saya punya banyak pasien yang menggunakan ini baik di mobil maupun di kapal dengan banyak keberhasilan,” kata Dr. Horwitz. “Gelang itu bisa berupa gelang penekan atau mengirimkan muatan listrik kecil ke area yang sama di pergelangan tangan. Salah satu pendekatan telah terbukti bermanfaat. “

Tempatkan tonjolan plastik dua inci di atas lipatan pergelangan tangan bagian dalam di antara kedua tendon Anda. “Gelang-gelang ini mungkin tidak sekuat agen farmakologis, namun mereka memberikan kelegaan tanpa efek samping yang mengganggu (mulut kering, kantuk),” katanya.

Jika Anda tidak memiliki gelang, cukup tekan jari tengah dan telunjuk Anda pada titik tekanan tersebut untuk perawatan alami mabuk perjalanan yang efektif. Dalam pengobatan Tiongkok, titik ini disebut titik keenam pada jalur Perikardium, dan digunakan dalam akupunktur dan akupresur untuk meredakan mual.

3. Duduk di kursi depan atau tengah mobil



“Pada kebanyakan orang, mabuk perjalanan disebabkan oleh konflik antara input gerak yang datang dari indera yang berbeda,” kata Dr. Horwitz. “Misalnya, telinga dalam merasakan gerakan berdasarkan perubahan dalam tekanan dan distribusi cairan di telinga. Jika Anda melihat ke bawah pada sebuah buku dan membaca ketika berada di dalam mobil yang bergerak, telinga bagian dalam merasakan gerakan, tetapi tidak ada input visual untuk memverifikasi gerakan ini, karena buku tersebut tampaknya berdiri diam. Jadi, dua sinyal yang saling bertentangan diterima. Pada beberapa orang, ini menyebabkan gejala mabuk perjalanan. ”

Jika Anda memfokuskan mata Anda langsung di depan Anda dan melihat langsung ke cakrawala, Anda dapat menipu otak Anda untuk meyakini bahwa Anda tidak bergerak. “Duduk di kursi depan memberi pandangan baik di depan maupun ke samping dan dapat dengan mudah meningkatkan sensasi gerakan,” kata Dr. Horwitz. “Kursi tengah dianggap lebih baik dalam beberapa situasi.” Berikut adalah lebih banyak trik untuk mengalahkan mabuk perjalanan.

4. Jangan pernah bepergian dengan perut kosong



Pastikan Anda tidak bepergian dengan kapal, pesawat, atau mobil dengan perut kosong untuk mengurangi gejala mual. Siapkan camilan sehat di tangan, karena perut kosong hanya akan memperburuk mabuk perjalanan. Namun, jangan makan berlebihan. “Mual dan muntah — gejala yang berhubungan dengan mabuk perjalanan — dapat diperburuk dengan perut penuh,” kata Dr. Horwitz. “Mengunyah permen karet tampaknya dapat meredakan mual, mungkin melalui efek pada telinga bagian dalam. 

5. Coba Aromaterapi



Beberapa penderita mengaku merasa lega menggunakan minyak esensial sebagai obat mabuk perjalanan. Sementara ada sedikit data klinis untuk mendukung pengobatan mabuk perjalanan ini, Center for Disease Control and Prevention mencatat, “merangsang indra Anda yang lain dapat mengalihkan perhatian Anda dari gerakan.” Aromaterapi dengan minyak esensial seperti jahe, peppermint, atau lavender dapat mengurangi mual karena mabuk mobil, laut, atau udara. 

Sumber:
The Healthy

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *