Press "Enter" to skip to content

7 Mitos Konyol Yang Dipercaya Orang Jaman Dahulu Ketika Teknologi Baru Muncul

Pesatnya perkembangan industri di awal abad 20 memberikan manfaat yang sangat besar bagi perkembangan manusia. Selama periode ini muncul teknologi-teknologi baru yang semakin memudahkan manusia dalam bidang transportasi, komunikasi, dan militer. Namun sesuatu yang baru pasti menimbulkan kontroversi sampai sampai muncul mitos yang dari sudut pandang kita sekarang terlihat aneh. Apa saja itu mari kita simak dibawah ini:


1. Teknologi kereta api / Pesawat Terbang 1825



Tubuh manusia hanya dapat melakukan perjalanan begitu cepat sebelum seseorang terluka parah. Meskipun ini benar, kecepatan yang dibutuhkan untuk membahayakan tubuh manusia jauh lebih cepat daripada 30 mil per jam. Kembali pada tahun 1825, tidak ada yang tahu itu. Ketika Stockton-Darlington Railway dibuka tahun itu, orang-orang bersikeras kereta adalah moda transportasi yang tidak aman bagi orang-orang. Antropolog budaya Genevieve Bell menjelaskan kepada Wall Street Journal bahwa pengkritik kereta percaya orang akan menjadi korban kematian yang mengerikan jika mereka naik ke pesawat. Beberapa orang percaya tubuh meleleh, sementara yang lain bersikeras anggota badan akan tercabut dari tubuh pengendara. Yang lain memperingatkan rahim wanita akan terbang keluar jika mereka mencapai kecepatan 50 mil per jam.

2. Teknologi Telepon 1800



Kita sekarang hidup di dunia di mana lima menit tanpa ponsel tampak seperti selamanya, jadi sulit membayangkan bahwa pada satu titik banyak orang sama sekali tidak mau berurusan dengan telepon.

Ketika telepon diperkenalkan pada akhir 1800-an, New York Times dengan cepat menyerang. Kritik terhadap telepon termasuk bahwa telepon dianggap bisa digunakan untuk menyerang privasi seseorang. Serangan lain pada telepon bersikeras bahwa hal itu akan membuat masyarakat malas dan anti- sosial dan beberapa bahkan mengklaim teknologi baru tersebut dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang mati.

3. Telegram 1800



Ketika telegraf pertama kali diperkenalkan, para kritikus bersikeras bahwa teknologi baru itu akan merusak puisi bahasa Inggris. Kepercayaan yang tersebar luas adalah bahwa dengan mendorong orang untuk berkomunikasi dalam kalimat yang pendek dan tidak lengkap, telegraf pada akhirnya akan melatih orang untuk selalu berbicara dalam pemikiran yang sporadis dan berombak. Kritik terhadap telegraf begitu meluas sehingga akhirnya menjadi sorotan utama di majalah populer saat itu. 

4. Radio 1940



Ketakutan yang melingkupi penemuan radio sangat menarik. Sementara semua item dalam daftar ini memiliki kesamaan denominator — ditakuti oleh masyarakat umum, yang radio juga tidak asing — radio juga ditakuti oleh penemunya sendiri. Guglielmo Marconi percaya bahwa dia telah menyempurnakan “teknologi nirkabel” pada tahun 1895 tetapi lebih dari dua dekade akan berlalu sebelum teknologi Marconi akan digunakan untuk disiarkan ke massa, daripada hanya untuk satu individu lainnya.

Inilah yang membuat Marconi menebak kontribusi teknologinya. Dalam sebuah pidato yang tidak terkirim yang disampaikan kepada Sir James Irvine dan kemudian merujuk pada sebuah artikel yang diterbitkan oleh The Herald pada tahun 1940, Marconi bertanya pada dirinya sendiri apakah ia telah “melakukan kebaikan dunia” atau hanya “menambahkan ancaman?” Marconi menjelaskan bahwa ia hanya bermaksud untuk penemuannya untuk meningkatkan komunikasi antar kapal di laut. Bahkan dia tidak pernah melihat potensi sebenarnya yang diperkenalkan radio dalam hal penyiaran konten di seluruh wilayah.

5. Televisi 1927



Segala sesuatu yang orang takuti tentang radio diperkuat dengan diperkenalkannya televisi pada tahun 1927. Ada ketakutan bahwa radio akan membuat orang berpaling dari membaca atau melakukan percakapan intim satu sama lain; televisi menerima kritik yang sama. Sejarawan media Ellen Wartella mengatakan kepada Slate bahwa para kritikus televisi bersikeras bahwa itu akan “melukai radio, percakapan, membaca, dan pola-pola kehidupan keluarga dan mengakibatkan vulgarisasi budaya Amerika lebih lanjut.”

Televisi yang buruk menerima reaksi dari kedua belah pihak. Mereka yang takut apa yang mungkin dilakukan teknologi terhadap interaksi manusia bertentangan dengan televisi dan mereka yang optimis tentang teknologi baru, tetapi sudah berinvestasi di dunia radio, takut media baru itu akan merusak investasi mereka.

6. VHS 1982



Bahkan sesuatu yang sederhana seperti kaset VHS ditakuti pada suatu saat, tetapi ketakutan ini tidak ada hubungannya dengan kesehatan, lebih banyak berkaitan dengan keserakahan. Secara umum diyakini bahwa kemampuan untuk merekam film akan membuat seluruh industri film bertekuk lutut. “Saya katakan kepada Anda bahwa VCR adalah untuk produser film Amerika dan publik Amerika karena Boston Strangler hanya untuk wanita saja,” kata Motion Picture Association of America Jack Valenti kepada Pemerintah AS dalam upaya untuk membuat perekam VHS sepenuhnya dilarang. dan keluar dari pasar pada tahun 1982. Perbandingan itu sendiri agak ekstrem, tetapi Valenti tidak berhenti di situ. Dia menggandakan pernyataannya dan bersikeras bahwa teknologi VHS akan menyebabkan industri film “berdarah dan berdarah dan berdarah.”

7. Realitas Virtual 1992



Realitas virtual baru tersedia pada tingkat konsumen akhir-akhir ini, tetapi ketakutan akan teknologi ini meluas lebih dari dua dekade. “Jika Anda berada di dunia virtual dan Anda memiliki model kantor Anda dan Anda mengambil senapan virtual dan menerbangkan bos Anda karena itu mungkin lucu, maka apakah itu mengaburkan batas antara kegiatan yang Anda lakukan dalam fantasi dan kegiatan yang Anda lakukan lakukan dalam kehidupan nyata, ”tanya penulis Howard Rheingold pada 1992.

Itu adalah konsep yang hidup sampai hari ini. Ada kekhawatiran yang meluas bahwa realitas virtual akan menyebabkan orang menjalani fantasi kekerasan yang, secara teori, akan mendorong mereka untuk melakukan perilaku tersebut dalam kehidupan nyata mereka. Ketakutan lain akan realitas maya sejalan dengan kritik biasa terhadap teknologi baru — dampak negatif pada keterampilan sosial dan pada kecerdasan keseluruhan penggunanya.

Sumber:
Ranker.com

One Comment

  1. megaceme megaceme February 18, 2020

    It’s remarkable designed for me to have a web site, which is helpful in support
    of my knowledge. thanks admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *